Info Honorer K2 2019, Info Guru Honorer, Info Guru Honorer 2019, Info Gaji Honorer 2019, Info Pengangkatan Honorer, Info Pengangkatan Honorer 2019, Info P3K Honorer, Info Honorer 2019 terbaru, Info Honorer non Kategori

3 Tips Belajar ala Siti Riza, PNS dengan Nilai Tes Tertinggi di BKKBN

Sahabat pembaca Info Honorer, sudah tahukah anda bahwa bisa berhasil dalam menjalani sebuah tes, siapa tidak akan merasa senang? Apalagi jika kesuksesan yang diraih, bisa dikatakan merupakan sebuah prestasi yang tidak banyak bisa diraih oleh orang pada umumnya. Inilah yang mungkin bisa menggambarkan kejadian yang dialami oleh seorang PNS bernama Siti Riza, asal Jawa Tengah.

Tahukah Anda? Siti merupakan PNS dengan nilai tertinggi dalam gelaran tes CPNS (calon pegawai negeri sipil) untuk BKKBN pada 2018 lalu? Pencapaian yang tidak banyak bisa diraih oleh seseorang bukan?

Kepada Okezone, PNS yang bekerja sebagai penyuluh Keluarga Berencana di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ini, menceritakan pengalamannya menjadi peserta tes CPNS dengan raihan nilai tertinggi khusus untuk formasi penyuluh keluarga berencana.

Siti menuturkan, awalnya ia terpanggil berniat untuk mengikuti tes CPNS memang karena sudah berniat betul ingin menjadi seorang penyuluh KB.

“Karena saya memang ingin menjadi penyuluh KB. Saya suka bertemu dan berkomunikasi dengan orang banyak. Mendengarkan cerita hidup mereka, masalah yang sedang dihadapi, dan bersama-sama cari opsi solusi untuk masalahnya. Ketika akhirnya sudah memutuskan, kemudian merasa puas dan merasakan manfaatnya, saya merasakan kelegaan dan kepuasan tersendiri bisa membantu,” tutur Siti saat diwawancara Okezone, Minggu (25/8/2019).

Memutuskan untuk menjajal peruntungan diri dengan mengikuti tes CPNS, menariknya walau sukses meraih nilai tertinggi. Siti mengungkapkan, secara keseluruhan persiapan dirinya belajar hanya dilakukan dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan.

Kemudian, bagaimana tips belajar ala Siti? Apakah ia belajar mati-matian tak kenal waktu?

“Memang sudah berniat tes jadi PNS di tes cpns periode 2018. Sudah mulai mempersiapkan diri 1-2 bulan sebelum hari tes. Pertama pelajari materi-materi TIU dan TWK dari buku CPNS. Kemudian membiasakan diri dengan tipe-tipe soal tersebut dengan belajar dari kumpulan soal. Buku, internet atau aplikasi soal cpns di playstore. Sedangkan untuk TKP, tidak ada materi yang bisa dipelajari, sebab memang TKP fungsinya agar melihat apakah karakter kita sesuai dengan karakter PNS yang berjiwa melayani. Jawab soal itu berusaha memposisikan diri sebagai PNS,” imbuhnya panjang lebar.

Ketika ditanya lebih lanjut, selain belajar dan latihan soal dari berbagai platform. Siti mengaku, ada tiga kunci yang ia pegang saat menjalani tes CPNS kala itu. Yakni niat awal bekerja dan mengingat petuah yang sempat diberikan oleh mantan atasannya terdahulu.

“Tiga kunci yang saya pegang. Niat, fokus dan doa. Mantapkan niatnya dulu, benar ingin jadi PNS? Kalau sudah mantap niatnya pasti akan berusaha maksimal. Kita akan fokus dalam menyiapkan segala administrasi, belajar dan tentu diiringi doa. Ketika malas dan ragu, ingat lagi tujuan awal diri kita. Bos saya di tempat kerja dulu sering mengingatkan, "victory meets preparation", tidak ada yang namanya kebetulan, yang ada adalah kesempatan bertemu persiapan,” tandas Siti lugas.

Berita ini bersumber dari Okezone
Share:

Pesan Sponsor

Arsip Blog

Recent Posts

Statistik Blog