Info Honorer, Info ASN, Info PNS, Info PPPK, Info CPNS, Info Pegawai Non PNS, Info Pegawai Kontrak, Info PTT, Info GTT, Info Bidan PTT, Info THL-TBPP, Info CPNS Guru, Info Perangkat Desa.

Pemprov Gelar Seleksi Guru Honorer SMA/SMK Bulan Ini

Sahabat pembaca info honorer, sudah tahukah anda bahwa setelah lama ditunda, akhirnya seleksi pegawai dan guru honorer SMA/SMK yang diagendakan Pemerintah Provinsi NTB dipastikan akan dilaksanakan Desember ini. Setelah kepastian alokasi anggaran sejumlah Rp 60 miliar untuk membayar gaji honorer tersebut sudah diteken pada APBD 2018.

“Desember seleksinya, mungkin dua hari ke depan sudah mulai diumumkan, termasuk nanti mekanisme pendaftarannya, mendaftar lewat mana. Kami sudah rapat, mengecek ulang dokumen untuk seleksi, kemudian memutuskan sekolah mana yang butuh guru mata pelajaran apa,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, H. Muh. Suruji.

Dari jumlah sekitar 7 ribu lebih guru dan pegawai honorer SMA/SMK dan SLB negeri yang menjadi kewenangan Pemprov NTB, hanya sekitar 5.200 guru dan pegawai yang akan dipilih dalam seleksi tersebut. Akan dibagi dua untuk SMA/SMK negeri dan swasta, meski jumlahnya masih dalam proses penghitungan oleh Dikbud NTB.

Baca juga:  Pemprov Minta Anggaran Gaji Guru Honorer Rp 60 Miliar Tak Dipotong
“Nanti kita gunakan data kepegawaian untuk memastikan yang kosong pada 1 Januari 2018 berapa, karena sering ada yg pensiun juga. Jumlah yang pensiun memang tergantung kapan lahirnya, tapi kalau kita lihat tren paling banyak pensiun 1 Januari,” jelasnya.

Ditanya tentang nasib sekitar 2 ribu guru dan pegawai honorer yang diperkirakan tidak lolos seleksi, Suruji menyatakan mereka harus mencari pekerjaan lain. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengajar lagi.

“Yang nggak lulus seleksi ya berhenti jadi honorer, kan sudah cukup gurunya. Dikbud memikirkan nasib pendidikan dan kebudayaan, bagaimana anak-anak kita ini mendapatkan pendidikan yang bermutu, keterampilan dan juga praktik baik. Sehingga kemudian ketika dia tamat, misalnya terutama SMK, dia tidak menganggur. Itu tanggung jawab kita,” tegasnya.

Seleksi guru dan pegawai honorer ini sendiri memang telah dijadwalkan sejak September lalu, namun tak kunjung dilaksanakan akibat kendala anggaran. Perlu diketahui, seleksi ini hanya bisa diikuti oleh guru dan pegawai honorer yang bekerja di SMA/SMK negeri dan swasta di NTB, dan SLB negeri.

Berita ini bersumber dari Suara NTB.
Share:

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Pesan Sponsor

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.