Info Honorer, Info ASN, Info PNS, Info PPPK, Info CPNS, Info Pegawai Non PNS, Info Pegawai Kontrak, Info PTT, Info GTT, Info Bidan PTT, Info THL-TBPP, Info CPNS Guru, Info Perangkat Desa.

Siapa yang Mau Jadi Pendamping Dana Desa? Silakan Baca Penjelasan Ini

Sahabat pembaca Info Honorer, sudah tahukah anda bahwa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia saat ini sedang membuka rekrutmen untuk pendamping desa profesional tahun 2017. Provinsi Bengkulu memperoleh kuota 182 orang. 

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi pendamping desa tahun ini bisa mendaftar secara online sejak 25 Agustus 2017 melalui laman http://pendamping2017.kemendesa.go.id,” kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bengkulu Ardiles Nur.

Dari jumlah itu 109 di antaranya untuk pendamping desa, pendamping lokal desa 61 orang, dan tenaga ahli 12 orang. Semua wewenang rekrutmen pendamping desa merupakan tanggung jawab dan dilaksanakan Kementerian Desa dengan sejumlah universitas negeri. Sedangkan pemerintah daerah hanya mefasilitasi saja.

Pelaksanaan seleksi akan berdasarkan basis wilayah provinsi. Artinya kuota setiap provinsi akan berbeda-beda. Namun syarat yang harus dipenuhi calon pelamar sama di seluruh provinsi. Persyaratan itu harus diperhatikan secara benar petunjuk yang harus dipenuhi. Jika kurang sedikitnya pasti tidak akan diproses dan pelamar itu dinyatakan gagal.

Ardiles mengharapkan target kuota tersebut akan terpenuhi tahun ini sehingga tidak perlu melakuka rekrutmen lagi tahun depan. Saat ini Bengkulu memiliki 806 pendamping dana desa untuk 1.341 desa penerima dana tersebut.

Rinciannya tenaga ahli 44 orang dan pendamping desa 197 orang dan pedamping desa lokal 368 orang, lalu pendamping desa teknis Infrastruktur sebanyak 157 orang dan pendamping desa pemberdayaan sebanyak 40 orang.

Jika tambahan pendamping tersebut dipenuhi Kementerian Desa berarti tenaga pendamping dana desa di Provinsi Bengkulu memenuhi secara jumlah. Ardiles berharap pendampingannya pun lebih maksimal apalagi dana desa yang akan dicairkan tahun depan lebih besar lagi dari sekarang.

Berita ini bersumber dari KORPRI Online.
Share:

Facebook Page

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Arsip Blog

Pesan Sponsor

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.