Info Honorer, Info ASN, Info PNS, Info PPPK, Info CPNS, Info Pegawai Non PNS, Info Pegawai Kontrak, Info PTT, Info GTT, Info Bidan PTT, Info THL-TBPP, Info CPNS Guru, Info Perangkat Desa.

Ratusan guru honorer tingkat SMA di kabupaten Siak bersyukur gaji mereka telah naik sejak 2017.

Sahabat pembaca Info Honorer, sudah tahukah anda bahwa Ratusan guru honorer tingkat SMA di kabupaten Siak bersyukur gaji mereka telah naik sejak 2017. Kenaikan gaji itu juga lumayan banyak, sehingga dapat menopang kebutuhan hidup sehari-hari.

"Alhamdulillah, gaji kami sudah naik sejak SMA diambil alih provinsi. Mudah-mudahan grafiknya terus naik," kata Elpendi, guru honorer di SMKN 1 Kandis, Rabu (16/8/2017).

Ia menguraikan, ketika SMA sederajat masih berada dalam nauangan kabupaten Siak, gajinya hanya Rp 1.600.000 perbulan. Pada 2 bulan sebelum SMA ditarik provinsi gaji naik menjadi Rp 1.800.000. Namun kemudian, SMA berada pada naungan provinsi, sehingga dia sekarang menerima Rp 2.175.000 perbulan, langsung ditransfer ke rekeningnya.

"Pada awal tahun ini belum lancar, karena kan status baru pindah dari kabupaten ke provinsi. Sekarang sudah lancar, setiap tanggal gajian langsung masuk ke rekening," kata dia.

Dia berharap, gaji guru honor seperti dirinya tidak lagi mengalami kemacetan. Agar bisa menghidupkan anak istri di rumah tangganya.

"Bagi kami dimana pun status SMA sederajat ini tidak masalah. Kabupaten baik provinsi juga baik. Yang penting kami tidak dipersulit dan gaji tidak dikurangi," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Bambang, guru honorer di SMAN 1 Pusako, kabupaten Siak. Ia juga menerima Rp 2.175.000 perbulan sejak status SMA beralih ke provinsi. Sebelumnya ia hanya menerima Rp 1.600.000 perbulan.

"Saya mengajar di sini sejak 2001. Gaji memang cukup bervariasi dari dulu. Yang penting sekarang sudah Rp 2.175.000 perbulan, dan lancar," kata dia.

Ia berharap, pemerintah terus memperhatikan gaji guru honorer. Karena di sekolah tempatnya mengajar, separuh dari 28 guru merupakan guru honorer. Jika guru honorer tidak fokus mengajar akibat kurangnya gaji, otomatis berpengaruh kepada sekolah.

Kepala SMAN 2 Siak Yan Khoriana, juga mengatakan demikian. Di sekolah itu, separuh guru masih berstatus honorer. Hanya separuh dari 30 guru yang berstatus PNS. Jika guru honorer mengundurkan diri, otomatis sekolah akan pincang.

"Jadi sekarang gaji guru honorer sudah di atas Rp 2 juta. Mudah-mudahan gaji mereka ini terus naik ke depannya. Karena jasa mereka banyak sekali untuk pengembangan sekolah," kata dia.

Padahal sebelumnya, Bupati Siak Syamsuar sempat menyalahkan provinsi akibat PDB tahun 2017. Ia mengaku memperjuangkan anak-anak Siak yang akan masuk ke SMA namun terkendala karena sistem yang kurang tepat. Untuk itu Syamsuar ingin SMA dikembalikan ke kabupaten.

Berita ini bersumber dari Tribun Pekanbaru.
Share:

Facebook Page

Pesan Sponsor

Pesan Sponsor

loading...

Arsip Blog

Pesan Sponsor

Statistik Blog

Diberdayakan oleh Blogger.